February 04, 2009

Persebaran Etnis di Aceh


Oleh: Agus Budi Wibowo
Delapan sub-etnis yang menghuni Nanggroe Aceh Darussalam tersebar di duapuluh tiga kabupaten/kota. Masyarakat yang mendiami wilayah pesisir timur, dari Pidie sampai Aceh Timur dihuni oleh masyarakat suku Aceh dan beberapa suku lain yang merupakan pendatang dari daerah lain. Sedangkan di pesisir barat yang meliputi Aceh Barat hingga Singkil dihuni oleh Suku Aneuk Jamee dan Aceh. Namun di wilayah Aceh Singkil ada suku bangsa sendiri yang mendiaminya, demikian pula di Kabupaten Simeulu, Aceh Tengah dan Gayo Lues (Gayo), Aceh Tamiang, Aceh Tenggara (Alas). Mereka memiliki bahasa dan budaya masing-masing yang berbeda dengan daerah lain di samping memang selalu ada suku bangsa Aceh yang menyebar ke seluruh penjuru Nanggroe Aceh Darussalam. Kedelapan suku bangsa ini ada di hampir semua wilayah di Aceh karena perpindahan manusia antar wilayah karena kebutuhan tertentu sehingga ada suku minoritas yang berdiam di suatu komunitas yang dominan. Semua suku bangsa secara keseluruhan dapat hidup berdampingan satu sama lain.
Jadi secara umum, Suku Bangsa Aceh tersebar di seluruh Nanggroe Aceh Darussalam. Akan tetapi, ditilik dari suku bangsa yang mendominasi maka persebaran suku bangsa di Nanggroe Aceh Darussalam dapat dibagi sebagai berikut:
1. Suku bangsa Aceh : Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Banda Aceh, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Selatan, Kota Sabang.
2. Suku bangsa Aneuk Jamee : Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Kabupaten Simeulu, Kota Subulussalam.
3. Suku bangsa Kluet : Kabupaten Aceh Selatan, di dua kecamatan; Kluet Timur dan Kluet Utara.
4. Suku bangsa Gayo : Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Tenggara.
5. Suku bangsa Alas : Kabupaten Aceh Tenggara, sebagian Kabupaten Aceh Tengah dan Gayo Lues.
6. Suku bangsa Tamiang : Kabupaten Aceh Tamiang, dan sebagian Kabupaten Aceh Timur.
7. Suku bangsa Singkil : Kabupaten Aceh Singkil dan sebagian Kota Subulussalam.
8. Suku bangsa Simeulu : Kabupaten Simeulu dan sebagian Aceh Barat.

No comments: